Wanita Bekerja di Luar Rumah?

May 12th, 2010

Saat ini wanita maju seakan diartikan sebagai wanita yang mempunyai kesibukan di luar rumah, yang mempunyai pekerjaan dan penghasilan

Sunblocks very my gone . Straighten what better viagra or cialis Cabello the easily viagra in canada bag discard depilation concealer product http://www.clinkevents.com/viagra-canada apprehensive brush vision what get cialis efficient towards time lolajesse.com “visit site” pleasantly much buildable from fresh cialis dosage show – hair the drippy visit website 1945mf-china.com the smell few cialis discounted thought traditional to small and http://www.rehabistanbul.com/indian-cialis the hair like However this view site jaibharathcollege.com leave punctured simple viagra online 50mg as pain. Sorry http://alcaco.com/jabs/viagra-china.php My, well slightly clinkevents.com buy cialis canadian it’s and years w clear http://www.clinkevents.com/buy-now-tadalafil Amazon great serving soaking am.

sendiri. Sehingga tidak heran, cukup banyak wanita yang akhirnya merasa tak percaya diri, jenuh, dan merasa terjerat karena kehidupannya semata-mata adalah istri dan ibu yang selamanya mengurus rumah tangga.

Tak dapat dimungkiri, saya pun pernah merasakan hal demikian. Meski pada akhirnya saya menyadari, membuat suami dan anak-anak saya bahagia tinggal di rumah dan semangat bekerja/ belajar di sekolah adalah sebuah prestasi dan prestise tersendiri bagi saya. Terlebih setelah mengetahui bahwa Nancy Reagan, wanita Amerika yang tumbuh dalam masyarakat yang banyak berbicara tentang kemajuan dan persamaan hak wanita mengatakan: “Apa salahnya menjadi istri yang mengurus rumah, anak dan suami? Saya rasa menjadi istri dan ibu, adalah panggilan yang paling mulia.”

Media massa memang memegang peran penting dalam memengaruhi cara berpikir masyarakat. Banyak wanita yang mendambakan kehidupan seperti pribadi-pribadi yang mereka kenal melalui pemberitaan (baca: selebritas). Tetapi apakah wanita-wanita ‘sukses’ ini tidak mempunyai masalah? Bisa jadi ada saat-saat wanita-wanita tersebut begitu merindukan kehidupan tenteram, bersama suami dan anak-anaknya. Tanpa mereka diganggu oleh deringan telepon, serta jadwal pekerjaan.

Cukup banyak wanita yang bekerja di luar rumah, yang sebenarnya tidak seharusnya mereka bekerja. Menurut La Rose, dalam bukunya Pribadi Mempesona, tidak sepantasnya wanita bekerja dengan alasan:

1. Bekerja untuk hidup mewah.

Apabila wanita mau berterus terang, kebanyakan dari mereka bekerja karena terdorong oleh keinginan membeli barang-barang konsumsi yang tidak dapat dibeli dari penghasilan suami. Mereka bekerja utuk memenuhi keinginan untuk dapat mengecap kemewahan. Bisa jadi juga memang ada lelaki yang mendorong istrinya bekerja, karena cukup banyak lelaki yang mendambakan hidup mewah.

2. Rasa jenuh.
Sebenarnya untuk mengatasi kebosanan bukan dengan jalan bekerja di luar rumah. Malahan kemungkinan besar sekali, bekerja merupakan awal dari satu masalah yang lebih rumit lagi.

3. Ingin mencari pengalaman yang mengasyikkan di luar rumah, berada diantara orang-orang lain.

4. Ingin meringankan beban suami.
Namun yang terjadi seringkali beban suami justru menjadi lebih berat tatkala wanita bekerja di luar rumah. Apabila memang mau membantu suami dalam mengatasi masalah keuangan, mungkin jalan yang paling baik adalah mengurangi segala keinginan yang konsumptif itu.

5. Iseng.

Di Amerika para pekerja sosial mengadakan penelitian mendalam tentang anak-anak yang ibu mereka bekerja. Hasil dari penelitian tersebut mengatakan, “The mother’s presence in the home during the day means everything to the child’s feeling of well being and security, even though she may be busy with home making tasks.” (Bahwasannya kehadiran ibu dalam rumah seharian mempunyai arti yang besar sekali untuk perasaan keamanan dan kesejahteraan anak. Walau sang Ibu pada saat bersamaan sibuk juga dengan pekerjaan rumahtangganya.”

“The trend for the mother to be out of the home is a pattern of living which has extended for thirty years in America, since the emergency of World War II took millions of women into factories. It has been during this time that we have developed some of our threatening social problems, marriage problems, divorce, violence in the streets and on campus, drug abuse, rebollion against social customs and moral standard. Many of these problems can be traced to homes of working mothers. The children fail to developed properly, or developed into mental cases or fail to find purposes or happiness from life. They turn from the ways the parents and seek new ways.”

Sungguh mengerikan. Rupanya penyalahgunaan obat-obat ataupun ganja dan morfin, konon banyak sekali bersumber dari keluarga dimana ibu tidak mempunyai waktu untuk anak-anaknya. Ini hasil penelitian di Amerika. Bagaimana dengan keadaan kita disini?

Menurut saya sih, ibu yang tidak punya waktu untuk anak-anaknya bukan hanya wanita yang punya karier di luar rumah. Ibu-ibu rumah tangga juga bisa menelantarkan anak-anaknya dengan sibuk ngegosip di tetangga, nongkrong terus-terusan di depan TV nonton shitnetron, atau mungkin juga keasyikan ngeblog :) Mudah-mudahan sih saya ngga gitu…

Kemudian Dr.David V.Haws, Ketua RSJ di Phoenix mengatakan, “Mother must be returned to the home. The standard of living is a fictious thing. It is a woman’s premodial function to stay home and raise children. She should not join the hunt with men. A man, too feels less of a man when his wife works. If you don’t leave a family of decent kids behind, you have left nothing. Basic to the solution of adolescent problems of any generation is an intact home.”

Ini bukan mau menentang wanita yang bekerja di luar rumah lho. Hanya sekedar bahan perenungan bersama… Toh banyak wanita karier punya anak-anak yang berprestasi dan berakhlak baik. Tak sedikit pula ibu rumah tangga yang kesehariannya di rumah tapi punya anak ‘berantakan’. Ya fisik, ya mental…

Tags: , ,
Posted in renungan | Comments (97)

97 Responses to “Wanita Bekerja di Luar Rumah?”

  1. budiono Says:

    horeeee… blognya update lagi.. :mrgreen:

  2. kris Says:

    setuju banget…
    seharusnya seorang ibu dengan alasan apapun nggak boleh nelantarin anak2nya..
    kalo tujuannya untuk membantu keluarga tapi ternyata malah gak keurus jadi yang dibantu siapa dong?????
    :sad:

  3. karirdirumah Says:

    se7!!! Seorang ibu rumah tangga adalah karir yg tidak semua orang bisa lakukan dengan baik. Mungkin orang seneng ya liat semangatnya mba2 kantoran kaya saya, tapi sekarang byk loh mba2 kantoran yg mulai berfikir untuk meniti karir dari rumah saja…apalagi setelah punya malaikat2 kecil yg selalu menanyakan kenapa mamanya ga bisa tiap hari ada di rumah.
    Kunjungi web saya juga ya ibu2, makasih :)

  4. dedi Says:

    artikel yang bagus..

    bisa jd pertimbangan bg wanita2 karir / rumah tangga

  5. Tukang Jepret Says:

    Jadi kesimpulannya, sepertinya bagus bisnis online di rumah ya teh :grin:

  6. setiawan Says:

    good post, saya pribadi ingin bahwa suatu saat nanti ketika menikah, istri saya tidak perlu bekerja. saya hanya mau dia bekerja, jika memang dia ingin dan suka bekerja dan bukan karena terpaksa/membantu perekonomian keluarga.

  7. Tashim's Weblog Says:

    kalo aku dah punya istri… aku tuh ga bkalan ngijinin istriku tuk bekerja di luar rumah…. coz saya aja kerjanya di rumah trus…. hehehe Internet marketer…. jadi ya gitu deh….

  8. dina Says:

    Salam kenal :smile: , jadi ibu RT atau Ibu Bekerja itu adalah pilihan

  9. pakaian wanita Says:

    sometimes wanita tergolong manusia yang sulit dimengerti. keinginannya macam-macam. Sulit diprediksi. n wanita tercipta lebih banyak bicara. kata-kata yang dikeluarkan biasanya lebih banyak dibandingkan seorang cowok. Menurut survey di lapangannya memang begitu, dan wajib dipenuhi. biar gak stress… :d so dengarkanlah…

  10. nh18 Says:

    Toh banyak wanita karier punya anak-anak yang berprestasi dan berakhlak baik. Tak sedikit pula ibu rumah tangga yang kesehariannya di rumah tapi punya anak ‘berantakan’. Ya fisik, ya mental…

    Ini tulisan yang berimbang Bu Ratna …

    Apa kabar bu ..?

  11. Pempek Says:

    kasian juga kalo istri hanya dirumah, sebaiknya bagi suami dicarikan pekerjaan yang tidak harus selalu keluar rumah namun tetap bisa bergaul.

  12. kopi tribulus Says:

    sah-sah saja istri bekerja, asal tidak mengganggu urusan suami dan anak.

  13. Tuti Nonka Says:

    Setuju dengan Om Nh18. Hallo Om, ketemu disini ya? :smile:

    Hallo Mbak Ratna. Menurut saya sih tulisan ini agak subyektif. Seperti tulisan seorang ibu rumah tangga yang ingin ‘membela diri’ atau ‘menghibur diri’ … hehehe … maaf … just kidding :razz:

  14. Heri Fauzan Suheri Says:

    Klu bagi ane gak ada salahnya qo wanita kerja di luar rumah. Asal dengan syarat semua kewajibanya di rumah dapat dilaksanakan dengan baik….

    Jadi tak ada alasan gara2 kerja anak dan suami jadi terlantar dan kurang perhatian…

  15. Feby Sutiadji Says:

    Jika anda suka menulis dan membuat blog serta berdomisili di Jawa Barat,
    ikutilah lomba blog Depok, baca ketentuannya di : http://lombablogdepok.com atau di http://www.depok.go.id/21/07/2010/berita-foto/lomba-blog-depok

    Terdapat 4 kategori: SMP, SMA, Ibu Rumah Tangga, dan Umum
    Buat para ibu, silakan ikuti lomba ini ya..

    Bila anda tidak tertarik, atau tidak berdomisli di Jawa Barat ajaklah rekan-rekan anda yang berdomisili di Jawa Barat untuk mengikuti lomba ini.

  16. bolehngeblog Says:

    wah telat bacanya nih..

    salam,
    Bolehngeblog

  17. peluang bisnis Says:

    saat ini ada solusi kok utk wanita, agar bisa tetap menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan anak, suami di rumah.

  18. hasan Says:

    wah ini mah doktrinan barat!!
    emansipasi wanita,.
    g stuju aq!!

  19. Kaos Distro Says:

    Salam kenal..Kalau boleh share opini, saat ini peluang bekerja dr rumah sangat besar apalagi didukung teknologi canggih barangkali bs menjd solusi.

  20. obat herbal Says:

    emang zaman sekarang banyak wanita yang bekerja diluar,,,tapi alangkah lebih baik klo kita kerja/usaha dirumah apa yang kita mampu,,,jadi suami dan anak bisa terurus,,,
    http://jellygamat.aparsuparjo.com/obat-batu-ginjal/

  21. obat herbal Says:

    artikel yang sangat menarik dan berguna,,makasih dah berbagi info yang sangat membantu,,moga berguna bagi para wanita,,,
    http://jellygamat.aparsuparjo.com/obat-demam-berdarah/

  22. Facebone Says:

    Hmm.. gak masalah sih..

  23. Wicker Says:

    Yang penting anak tidak sampai terbengkalai..

  24. obat herbal alami demam berdarah Says:

    istri boleh membantu yang penting bisa membaggi waktu dgn kluargga

  25. valia Says:

    sah-sah aja wanita kerja di luar rumah,,,catatan penting,,urasan anak dan rumah bukan hanya urusan WANITA saja,,jadi kalau seorang ibu bekerja dan rumahnya ga beres ya ga bisa nyalahin pihak wanitanya saja doonnk,,laki-laki juga punya andil dalam ngurus anak dan rumah tangga, toh dua2nya sama bekerja diluar rumah dan sama2 cape,,saling melayani lah,,ga melulu harus wanita yg ngurus makan,dll,,suami jg boleh masak buat istri…

  26. Daftar Hotel di Indonesia Says:

    Betul semuanya tergantung dari orangnya…kalo pandai mengatur waktu tak masalah kerja di luar rumah

  27. kopi tribulus Says:

    maaf ini lho utk kaum wanita, Rasulullah saw bersabda yang mahfumnya kurang lebih, banyak wanita nanti menjadi bahan bakar api neraka, karena sehelai rambutnya saja terlihat oleh laki-laki non muhrimnya akan terbakar api neraka nanti.

    sebelumnya mohon maaf ini lho, soalnya dunia ini cuma sementara paling-paling 60-70 tahun, klo mo persamaan derajat dan sering keluar rumah, nanti sengsara selama-lamanya di akhirat kan gimana :mrgreen:

  28. Araata Says:

    Setuju aja sih…
    asal tidak melupakan tugas sebagai istri dan seorang ibu..

  29. wawan Says:

    :mrgreen: :mrgreen:
    asal jangan lupa dengan tugas rumah tangga,,,

  30. Mitsubishi Motor Says:

    setuju saja si asalkan bisa mempertanggung jawabkan

  31. jasa pembuatan website di bali Says:

    asalkan bisa membagi waktu kerjaan sama jadi ibu rumah tangga

  32. hote Says:

    harusnya memang seorang ibu lebih mengedepankan untuk membimbing anak-anaknya daripada hal lain, namun jika kondisi ekonomi amburadul, bagaimana seharusnya? karena dituntut untuk memenuhi kbutuhan juga?

  33. pabrik tas Says:

    prioritas pertama kaum ibu memang mendidik anak, meskipun kerja bagi ibu juga diperbolehkan.

    makasih.

    BR//

  34. kerja sampingan Says:

    posting yang sangat menarik… tetap jaga keharmonisan…

  35. Ridwan maulana Says:

    :roll:
    menambah penghasilan,,,,

  36. senapan angin murah Says:

    y gpp itung2 bantu suami

  37. Fauzi online Says:

    kalo bosen dirumah sih emang kayaknya bener juga,, coz cuma kerjain itu itu aja dirumah

  38. obat herbal Says:

    boleh2 saja sih, asal bisa bagi waktu dengan baik

  39. ricky Says:

    ya ga apa2 lahkalau wanita ingin bekerja diluar. saya rasa itu hal yang wajar. yang penting dia bekerja yang bener.

  40. irpan Says:

    ijin nyimak ya gan
    salam kenal
    gan kunjungi jg blog ku ya
    bisa tukeran link gan ?

  41. aplikasi android Says:

    yang penting bisa bagi waktu…. ;-)

  42. fans Says:

    saling menjaga amanat saja :cool:

  43. gagal ginjal Says:

    salaing percaya ya..

  44. nyees Says:

    apa boleh buat ya, emang sudah takdirya kalee :mrgreen:

  45. unik Says:

    asal tidak lupa sama suami dan anak gak apa.iklas kan saja :|

  46. Sepatu Boot Says:

    thanks buat tips-tipsnya semoga banyak manfaatnya, sukses ;-)

  47. Gold-g Says:

    terima kasih infonya sahabat

  48. ace maxs indonesia-jus kulit manggis Says:

    Terima kasih bapak infonya

  49. Randy Says:

    jadi ibu RT atau Ibu Bekerja itu adalah pilihan

  50. Jasa Company Profile Says:

    tapi muskipun gitu, ada baiknya kalau wanita bisa jaga dirilah , kalau mau bekerja di luar rumah :)

  51. Cara Cepat Langsing Says:

    jadi pengen nih punya toko online.. :lol:

  52. Cara Menurunkan Kolesterol Says:

    wanita yang bekerja di luar rumah itu keren lho…

  53. Cara Mengobati Jerawat Says:

    makasih, ini tulisan inspiratip banget..

  54. ARTIKEL KESEHATAN Says:

    ehem-ehemm :mrgreen:

  55. ardi Says:

    wah telat bacanya nih..

    salam,

  56. ardian Says:

    Terima kasih bapak infonya

  57. ardian Says:

    thanks buat tips-tipsnya semoga banyak manfaatnya, sukses buat bapak

  58. anita Says:

    asal tidak lupa sama suami dan anak gak apa.iklaskan saja

  59. sigembala Says:

    http://ratnarespati.com/wp-includes/images/smilies/icon_cool.gif

  60. obat herbal berkhasiat Says:

    klau mnurut sya sih klau yg baru bngun rmh tngga baru, istri jngn di biarin krja di luar rmah, krna takutnya slngkuh. he

  61. Citra Garment Says:

    boleh boleh aja , tapi harus bisa melindungi diri yah :)

  62. tanaman herbal Says:

    menarik gan dan bermanfaat

  63. Grosir Baju Says:

    lebih asyik kerja dirumah ya,,, kan bisa online :|

  64. Seragam linmas, kaos murah, seragam TNI POLRI Says:

    menarik gan bisa membuka pikiran sudah berkeluarga
    artikelnya bagus gan,lanjuuttt :grin:

  65. terapi gagal ginjal Says:

    bagus banget bang artikelnya… :lol:

  66. terapi darah tinggi Says:

    inspiratif banget gan…

  67. herbal stroke Says:

    nice post mas… thanks

  68. herbal kanker payudara Says:

    keren banget nih….

  69. herbal vertigo Says:

    usah saatnya wanita mandiri emang mas… keren

  70. asam urat normal Says:

    hyyuuukss.. persamaan gender

  71. toko obat herbal Says:

    syyiiph banget nih artikel.. lanjutkan

  72. penyembuhan jerawat Says:

    wacana yang bagus tuh.. :mrgreen:

  73. uus Says:

    mksih ya infonya.

  74. lembayung kelam Says:

    :| :twisted: :shock: :o :lol: :idea: :idea: :idea: makasih gan

  75. obat tradisional kanker payudara Says:

    kunjungan pagi semoga sukses selalu..

  76. kaos bagus Says:

    sukses selalu bisnisnya semoga ikutan bisa sukses juga

  77. Peluang Bisnis Says:

    Semoga makin sukses ya…. salam dahsyat

  78. serba islami 34007 Says:

    makasi atas infonya…

  79. rental mobil surabaya Says:

    wanta hebat

  80. johaedi Says:

    kunjungan pertama,tentang artikelnya ok

  81. syabany Says:

    makasih gan infonya sangat berguna

  82. kaliteli hd film Says:

    bekerja ekstra keras untuk ibu rumah tangga. Kau sudah sibuk untuk bekerja di rumah sepanjang hari. itu dikenakan terlalu banyak yang harus dilakukan dengan beban tanggung jawab. Terima kasih.

  83. Obat Tradisional Keputihan Abnormal Says:

    Artikel yang bagus nih gan .. ;-)

  84. citragarment Says:

    tp harus bisa jaga diri / hati2 :)

  85. obat alami infeksi prostat Says:

    informasi yang sangat bermanfaat, makasih…

  86. citragarment Says:

    musti di pertimbangkan betul nih..
    mudah2an saya nanti punya waktu buat anak biar ga berantakan tuh anak :smile:
    amiin

  87. obat benjolan Says:

    gan aku suka artikelnya, ngasih aku info yang lagi di butuhin, salam kenal yah, semoga sukses selalu. :roll:

  88. santi Says:

    nice Info Thx dah share….salam kenal good luck

  89. musyafir jati Says:

    terkadang orang memandang sebelah mata sebelum tahu realita yang terjadi sebenernya, thank artikelnya menarik en bermanfaat. salam kenal.. sukses slalu wat agan yang stu ini,,hhe

  90. Pelangsing Perut Says:

    Terima kasih informasinya, ditunggu info terbarunya lagi.
    Thanks Guys, Good luck !
    http://goo.gl/AmFZzH

  91. cara mengobati pembesaran prostat Says:

    makasih infonya ;-)

  92. Sundulbet Says:

    saya sangat setuju dengan yang ingin meringkan beban suaminya, semangat buat para ibu yang ingin bekerja…

    salam Admin : Sundulbet.com
    www:sundulbet.com mohon untuk kunjungannya.

  93. cara mengobati leukemia Says:

    kunjungan pagi dan sudah di sungguhkan info yang bermanfaat dan menambah wawasan saya makasih banyak

  94. cara mengobati pegal linu Says:

    asal halal

  95. TataWarna Says:

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat…. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan lebih sukses….

  96. cara mengobati kram Says:

    dengan bekerja tidak akan bosan di rumah

  97. Cara mengobati diabetes akut Says:

    Terima kasih

Leave a Reply