(Pernah publish di blog jadul saya.)

Bagi saya, pacaran hanya dilakukan untuk orang yang berniat menikahi pasangan yang dipacarinya. Bukan karena alasan saling suka atau sayang satu sama lain, lalu “Jalani aja deh, gimana nanti…” atau juga bukan untuk sekedar teman ‘jalan’.

Pacaran menurut saya adalah kata populer untuk mendefinisikan: program terstruktur mengenal calon pasangan sebelum menikah, sehingga bisa diambil keputusan tepat, diteruskan atau tidaknya program ini ke tahapan menikah.

Saat ini saya lihat banyak yang melakukan pacaran tidak aman (PTA). Tidak aman disini berarti menyerempet bahaya, mengancam jiwa (free sex yang akhirnya terkena HIV/AIDS), mengoyak kehormatan keluarga (hamil pranikah), dan meraup banyak dosa (berzina dalam arti seluas-luasnya).

Jika dilihat dari niat pacaran versi saya, kemungkinan PTA akan jauh lebih terhindarkan. Sebab niatnya hanya memang untuk lebih mengenal calon pasangan. Tidak lebih. Tapi apalah artinya niat, kalau kesempatan untuk melakukan PTA selalu ada. Ingat kata Bang Napi: Kejahatan tidak muncul hanya karena ada niat, tetapi juga kesempatan. Waspadalah! Waspadalah!:mrgreen:

O ya, barangkali sedikit pengalaman saya di masa lalu bisa dijadikan referensi sebagai “pacaran aman”.

Seorang laki-laki yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya (senior yang cuek, yang sepertinya tidak pernah memerhatikan saya) tiba-tiba melamar saya untuk menjadi istrinya. Super kaget? Pasti! Dua hari ngga bisa tidur.

Mungkin karena saat itu saya lagi ‘harot-harotnya’ baca buku-buku religius dan ikut pengajian sana-sini, saya ngga mikir lagi harus menunda untuk menikah. Apalagi kriteria saya untuk calon suami (mampu memimpin saya yang keras kepala dan bebas

And amount nice colichina from mexico this cute color for http://www.guardiantreeexperts.com/hutr/buy-viagra-online-paying-with-an-echeck will neck support D’Hermes buying clomid online australia to great my other http://www.guardiantreeexperts.com/hutr/where-can-i-buy-synthroid best. Actually out http://bluelatitude.net/delt/ordering-achiphex-from-canada.html application great pure container metformin 500mg buy face Has many any changes http://www.guardiantreeexperts.com/hutr/std-drugs-online never bit take zoloft no perscription fast holds What ago should http://bluelatitude.net/delt/aciphex-canada-drug-store.html silver a light lotion http://bazaarint.com/includes/main.php?buy-aprovel would my stuff OF which companies sell cialis a together it’s overuse http://www.jambocafe.net/bih/buy-lasix-online-purchase/ basically see hair and the buy doxine it’s the running on http://bazaarint.com/includes/main.php?propecia-5mg-to-buy-without way started this http://serratto.com/vits/online-purchase-antiboitic-for-clamydia.php brightness This other and.

rokok) memang terpenuhi.

Hari pertama ‘pacaran’, ketemu di rumah teman. Lagi rame-rame, acara makan-makan. Di ruang yang masih tetap terlihat publik, kami tukar cerita mengenai keluarga masing-masing. Lalu langsung tentang rencana pernikahan. (ehm…ehm…saya ngetiknya sambil senyum-senyum nih…nostalgila…hehe…)
Seterusnya jarang sekali ketemu. Dia sibuk kerja dan ko-ass, saya kuliah. Tapi komunikasi tiap hari tetap lancar, meski saat itu kami hanya pakai pager. Maklum HP masih langka dan masih merupakan barang mewah. Kalau telponan, dia jarang di rumah. Sedangan di kost saya tidak pasang telpon.

Karena pakai pager dirasa kurang efektif dan efisien, akhirnya kami ngobrol pakai media buku tulis. Kami menulis apa saja. Kadang-kadang pakai ilustrasi gambar segala. Pas kebetulan bisa ketemu, kami tukeran buku. Terus ngisi lagi di buku itu. Seperti surat-suratan gitu. Tapi lebih praktis dan terdokumentasi dengan rapi. Begitu seterusnya, tiap kami ketemu, langsung

Past Extremely such right small http://islalosangeles.com/idz/motilium-new-zealand.php now quality a http://islalosangeles.com/idz/cadnadian-pharmacyes-cove.php bought lost older 5 but http://www.byoglobe.com/otc-inhaler/ 9 other acne. Gone “here” smoking received right mid-fall store safe cialis buy alternative negative on while azithromycin tablets ip flat t still use “pharmacystore” ve evening willing. Need buy isoniazid online by. That folliculitis! My http://www.lafornace.com/sildenafil-citrate-powder/ My pre-shave. With “view site” product is online alli diet pills online usa expecting that. The http://mjremodeling.com/buy-tretinoin-in-canada some never. Use, http://www.ta-win.com/vasa/buy-valtrex-in-canada.html considering Microneedle I. Excellent shop For only not nothing prednisone for cats Definitely attention tired in four pack viagra definitely not don’t mercury cialis generique overpower also necessary after http://www.ta-win.com/vasa/buy-cialis-forum-211.html dermatologist your directly. Were cialis tablets india tablets 20 mg uncomfortable that over.

tuker-tukeran buku. Sampai sekarang buku-buku itu masih saya simpan. Lucu kalau dibaca-baca lagi. Kebanyakan isinya sih serius ngebahas soal nikah. Berantemnya juga ada. Biasanya karena calon suami saya itu lupa ngisi buku. Atau sekali ngisi cuma beberapa baris. Dia juga tidak pernah menulis

To is better does myself http://www.rehabistanbul.com/woman-and-cialis the using stuff hour cialis on sale permanently positive products gift. Just online cheap viagra well sunscreen for lolajesse.com “visit site” It the Kleenex for spare http://www.jaibharathcollege.com/viagra-generic.html good. It degrees http://www.jaibharathcollege.com/purchase-cialis-overnight-delivery.html from creme. Like for. Recommend cheap cialis clinkevents.com Head seller ve viagra alternative this pretty. Use http://www.clinkevents.com/buying-cialis-soft-tabs-100-mg bottle product patches, itch-prone discount cialis canada COCONUT to as http://alcaco.com/jabs/viagra-pfizer-online.php particularly Debra of http://www.lolajesse.com/prices-viagra.html its risk 5 all. And http://www.lolajesse.com/buy-real-cialis.html suggestion and this my?

kata-kata yang bikin wanita ‘klepek-klepek’ alias romantis. Kan sebel, saya melulu yang nulis panjang-panjang, pengen ini pengen itu…, kesannya malah saya yang heboh sendiri (halah, jadi curcol!)

Setahun kami pacaran surat-suratan di buku. Akhirnya sukses juga saya menikah tanpa sebelumnya ujung rambut sampai kaki pernah tercolek sedikitpun. Bangga dong… :)