Kemarin saya baru mengurus perpanjangan hosting blog ini. Padahal overdue tinggal hitungan hari. Dasar! Kebiasaan jelek nih, selalu saja nunggu-nunggu mepet. Seharusnya saya prepare 2 bulan sebelumnya. Mana ini pengalaman pertama perpanjangan hosting lagi. Masih tulalit, meski sebenarnya gampang-gampang aja…:oops:

Cuma saya bingung waktu disuruh milih mau hosting di server Indonesia atau tetep di USA. Mana jawabannya di suruh ASAP lagi. Alhasil dengan pengetahuan saya yang minim dan kebetulan temen-temen blogger senior yang pada melek IT saat itu lagi pada nggak OL. Saya akhirnya cuma bisa menghitung kancing dan memilih hosting di Indonesia saja. Dengan pertimbangan pembaca blog saya yang 80% berasal dari Indonesia nggak perlu loading lama-lama sampai seluruh halaman kebuka semua.

Dan… ternyata apa yang terjadi sodare-sodare? Setelah blog ini sukses migrasi server. Hiih…sidebar-2 blog ini amburadul. Yang muncul malah tulisan-tulisan bahasa pehape yang bikin saya meriang…:evil:

Kebetulan saat itu salah satu senior saya lagi online. Lalu saya buzz, n walah… Saya langsung kaget pas bliaw nanya: “Emang paid reviewnya mau udahan?” Terus… “Ntar orang luar negri gak bisa baca blogmu… Kalau disimpan di Indonesia, orang luar gak bisa baca, error. Robot google juga kemungkinan mental. SEO-nya ntar ambles deh, postingan-postingan ke index nya bisa lama/ gak sama sekali, google kan server luar…bla-bla”

Ya ampun… sebegitu parahkah?:cry: